Sales Warrior

Sales Warrior

Filosofi dasar dari RAVE Sales Principles adalah “Sell more through trusted relationship and professionally competing on value, NOT Price”. Karena saya percaya bahwa “Selling is about giving and serving, profit is a by-product”. Dengan kata lain, “Selling adalah tentang memberi dan melayani konsumen dengan sebaik-baiknya, keuntungan besar adalah imbalannya”.

Secara garis besar, buku ini adalah panduan bagi tenaga penjual untuk menjadi Sales Warrior, yaitu pasukan elite penjualan yang dilatihsecara khusus, bukan hanya dalam hal semangat dan keberanian, tetapi juga keterampilan dan teknik untuk memenangkan setiap pertempuran. Sales Warrior tidak hanya mampu melewati setiap kesulitan dengan baik, tetapi bahkan bisa menikmati setiap kesulitan tersebut pada saat menghadapinya, dan berhasil mengukir sejarah kesuksesan. Semua potensi dan bakat mereka kerahkan dengan komitmen untuk memberikan yang terbaik, agar setiap waktu meraih hasil penjualan hingga 10X lebih banyak dibandingkan tenaga penjual pada umumnya (average salesperson).

Untuk memenangkan pertempuran pasar, Sales Warrior menggunakan senjata bernama RAVE Sales Principles. Dalam bahasa Inggris kuno, RAVE artinya sambutan hangat, seperti yang diharapkan oleh semua tenaga penjual saat bertemu prospek atau calon konsumen. Tetapi dalam konteks buku ini, RAVE merupakan konsep baru yang saya buat, sebagai akronim dari Relationship-bAsed dan Value for Engagement selling.

RAVE Sales Principles terdiri dari dua bagian. Pertama adalah bagian paradigma, mindset atau filosofi dasar yaitu bagaimana memulai dan membangun hubungan baik dengan prospek atau calon konsumen (relationship-based selling), untuk kemudian menciptakan
nilai-tambah yang bermanfaat bagi konsumen (value-added selling) sehingga melahirkan kepuasan dan loyalitas konsumen (customer engagement). Bagian kedua adalah teknik jitu penjualan, mulai dari cara meningkatkan leads and referrals, melakukan prospecting secara efektif, menggali kebutuhan dan harapan calon konsumen, memberikan presentasi yang mengena, mengelola keberatan termasuk permintaan diskon atau penurunan harga, sampai pada ilmu terpenting dalam penjualan yaitu teknik negosiasi untuk memenangkan transaksi (closing technique) – NO CLOSING NO MONEY, karena No Selling No Closing, No Closing No Money, No Money No Business. Kemudian dilengkapi dengan bagaimana meningkatkan penjualan melalui cross-selling, membuat the elevator pitch, membangun personal brand serta peran setiap bagian organisasi dalam membangun kepuasan dan loyalitas konsumen (customer engagement).

Buku ini akan menjadi panduan Anda untuk mewujudkan tujuan kita bersama, yakni menjadi Sales Warrior Indonesia. Dalam proses mencapai sasaran itu, kita akan banyak berlatih. Kita akan mendaki gunung, menuruni lembah, bahkan menyeberangi lautan. Namun, sepanjang perjalanan, kita akan menikmatinya bersama. Untuk itu, siapkan diri, yakinlah bahwa ini adalah profesi yang untuknya Anda lahir! Sebagai Sales Warrior, Anda akan bergabung dalam The Top 20%, yaitu kelompok Sales Warrior yang menguasai 80% penghasilan dari seluruh tenaga penjual di industri masing-masing.

Katakan “Yes, I Can!” Keep the smile and happy selling”